Rabu, 18 November 2015

Karnaugh Map ( K-Map )



Karnaugh Map ( K-Map )






Karnaugh Map atau sebut saja K-MAP adalah suatu metode yang digunakan untuk menyederhanakan persamaan logika atau mengkonversikan sebuah tabel kebenaran menjadi sebuah rangkaian logika. Metode K-Map ini ditemukan oleh Physicist & Scientist asal dari Negara paman Sam , America.   Bernama Maurice Karnaugh . Penggunaan K-Map ini bertujuan untuk mempermudah dalam menyederhanakan rangkaian logika. Dengan kata lain K-Map cara mudah dalam menyederhanakan rangkaian logika. Atau bisa juga digunakan untuk saling membuktikan kebenaran jika kita menggunakan K-Map dan menggunakan Aljabar Boolean jika kita menggunakan K-Map.

Penyederhanaan 2 Variabel

Dalam menyederhanakan 2 variabel yang pertama harus diketahui adalah tabel pemetaan dalam 2 Variabel. Pemetaan disini maksudnya adalah untuk mengetahui Logika apa yang menjadi hasil dalam tabel tersebut. Oke langsung saja gue akan perkenalkan kalian dengan tabel tersebut. 




Penjelasannya , jika pada kotak a dan b terisi masing masing true atau 1 maka logikanya adalah B’ . Jika kotak b dan d bernilai true tau 1 maka logikanya adalah A. Jika pada kotak a, c dan d bernilai true atau 1 maka logikanya adalah A’B.
Setelah kita mengetahui pemetaan, langkah selanjutnya adalah langsung menuju contoh yang akan gue berikan. Oke langsung saja kita menuju contoh.

Contoh 1 :
 


A atau B yang bernilai False atau 0, kita akan anggap sebagai A’ atau B’ dan yang bernilai True atau 1 kita anggap A atau B saja tanpa menggunakan aksen. Dalam soal ini kita hanya belajar memetakan logika pada tabel K-Map.



Contoh 2 :





Jadi, sebelumnya pada contoh diatas soalnya adalah Y = A’B’ + A’B. Kita masukan kedalam tabel dan akan terlihat pemetaan pada soal diatas. Hasil pemetaan diatas aktif pada peta A’. Jika tidak ada 2 pemetaan yang aktif berdampingan maka tidak bisa di definisikan dan tidak bisa dianggap hasil. Dari soal diatas maka jawabannya adalah Y = A’ 



Contoh 3 :


Soal diatas adalah  Y = A’B’ + A’B +AB,  langkah nya sama seperti contoh sebelumnya yaitu memetakan semua soal kedalam tabel K-Map. Setelah dipetakan lihat mana peta yang saling berdampingan. Soal diatas menyatakan bahwa A’ dan B karna angka 1 nya atau benar nya saling berdampingan. Jadi hasil dari contoh 3 adalah Y = A’ +B

Disini gue menjelaskan untuk yang menggunakan 2 variabel. Untuk yang 3 dan 4 variabel caranya sama hanya saja pemetaannya saja yang berbeda tetapi intinya sama. Dan Insya Allah untuk yang 3 dan 4 variabel gue akan bahas pada postingan selanjutnya. Nahh, mudahkan penyederhanaan Aljabar Boolean dengan metode K-Map ini? Mudah kan mudah? Pasti hehee. Mungkin begitulah penjelasan dari gue untuk Karnaugh Map. Sampai bertemu lagi. dan salam berbagi ilmu ...








Tidak ada komentar:

Posting Komentar